Senin, 08 September 2014

Tugas 1 ICT ( Contoh RPP kelas IV.A)



RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Identitas

Nama Sekolah               : SD Negeri Golo

Kelas/Semester               : IV / 1

Tema2: Selalu Berhemat Energi

Subtema 1                      : Macam-Macam sumber Energi

Pembelajaran ke-            : 3

Alokasi Waktu                 :  6 x 35 ‘

Hari, Tanggal                   :
A
Kompetensi Inti

1.       Kompetensi Inti  ( Sikap religius)
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.       Kompetensi Inti  ( Sikap Sosial)
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.

3.       Kompetensi  Inti ( Pengetahuan)
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat,
membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.

4.       Kompetensi Inti ( Ketrampilan)
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B

Kompetensi Dasar dan Indikator
No
KI
Kompetensi dasar
Indikator
1

PJOK


3
3.2 Memahami pengaruh aktivitas
fisik dan istirahat terhadap
pertumbuhan dan perkembangan
tubuh

Melakukan gerakan lari dasar lurusdan variasinya

4
4.1 Mempraktikkan kombinasi gerak
dasar untuk membentuk gerakan
dasaratletik jalan dan lari yang
dilandasikonsep gerak melalui
permainan dan atau tradisional


2
2.1 Menunjukkan disiplin, kerja sama,toleransi, belajar menerima kekalahandan kemenangan, sportif
dan tanggungjawab, menghargai
perbedaan



1
1.1   Menghargai tubuh dengan seluruhperangkat gerak dan kemampuannyasebagai anugrah Tuhan yangtidak ternilai

2

Bahasa Indonesia


3
3.4 Menggali informasi dari teks ceritapetualangan tentang lingkungandan sumber daya alam denganbantuan guru dan teman dalambahasa Indonesia lisan dan tulisdengan memilih dan memilahkosakata baku


4
4.4 Menyajikan teks cerita petualangantentang lingkungan dan sumberdaya alam secara mandiri dalamteks bahasa Indonesia lisan dantulis dengan memilih danmemilahkosakata baku

Menyajikan isi teks cerita
petualangan tentang si biji jagung

2
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerahTuhan yang Maha Esa
atas keberadaan lingkungan dan
sumber daya alam, alat teknologi
modern dan tradisional,  perkembanganteknologi, energi, sertapermasalahan social



1
1.1 Meresapi makna anugerah TuhanYang Maha Esa berupa bahasaIndonesia yang diakui sebagai bahasapersatuan yang kokoh dansaranabelajar untuk memperolehilmu pengetahuan


3

IPA


3
3.4 Membedakan berbagai bentuk
energi melalui pengamatan dan
mendeskripsikan memanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari

Menjelaskan melalui tulisanberbentuk laporan tentangperanan sumber energi mataharidalam kehidupan melaluikegiatanpercobaan, pengamatan,analisadata dan menarik kesimpulan

Melaporkan hasil pengamatan
tentang pengaruh energi matahari
bagi kehidupan manusia

4
4.6 Menyajikan laporan tentang sumberdayaalam dan pemanfaatannyaoleh masyarakat.

2
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; obyektif;jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati;bertanggung jawab; terbuka;dan peduli lingkungan) dalamaktivitas sehari-hari sebagaiwujud implementasi sikap dalam
melakukan inkuiri ilmiah dan
berdiskusi



1
1.1 Bertambah keimanannya dengan
menyadari hubungan keteraturan
dan kompleksitas alam dan jagadraya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya,
Sertamewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang
dianutnya


4

Matematika


3
3.11  Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi
meng gunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian
   Menerapkan  ko n sep  persamaan
antara  se pa sang  ekspresi
menggunakan  pe nam bahan,
pengurangan, dan perkalian
   Menyatakan per samaan antara
sepasang kalimat matematika

4
4.1  Mengemukakan kembali dengan
kalimat sendiri, menyatakan
kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas seharihari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya


2
2.1  Menunjukkan perilaku patuh,  tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran


1
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

5

SBdP


3
3.2  Memahami pengaruh aktivitas
fisik dan istirahat terhadap
pertumbuhan dan perkembangan
tubuh
       Menyanyikan dan membaca not angka lagu menanam jagung disertai gerakan anggota badan sesuai tinggi rendah nada

4
4.1  Mempraktikkan kombinasi gerak  dasar untuk  membentuk gerakan
da sar atletik jalan dan lari yang di landasi konsep gerak melalui permainan dan atau tradisional


2
2.1  Menunjukkan rasa ingin tahu untuk mengenal alam di lingkungan sekitar sebagai sumber ide dalam berkarya seni


1
1.1   Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan





C.
Tujuan Pembelajaran

1.       Dengan kegiatan percobaan dan pengamatan uji panas matahari, siswa mampumengidentifikasi pengaruh manfaat energi matahari dalam kehidupan sehariharisetelah kegiatan pencatatan data hasil percobaan, analisa dan menarikkesimpulan.

2.       Dengan kegiatan berlatih mengerjakan soal-soal, siswa mampu menerapkankonsep persamaan ekspresi sepasang kalimat matematika menggunakan operasihitung penambahan, pengurangan, dan perkalian dengan benar

3.       Dengan kegiatan membaca teks petualangan tentang Ali si Biji Energi, siswamampu menggali informasi tentang manfaat energi matahari


4.       Dengan kegiatan membaca teks petualangan tentang Ali si Biji Energi, siswamampu menyajikan dalam bentuk peta pikiran dengan memilih dan memilahkosakata baku.

5.       Dengan kegiatan variasi lari dan jalan melalui lintasan lurus, zig-zag, dan berbelokbelok,siswa mampu mempraktikkan kombinasi gerak dasar lari dan jalan denganteknik yang benar

6.       Dengan kegiatan gerak dan lagu, siswa mampu menyanyikan dan membaca notangka lagu Menanam Jagung dengan gerak tangan dan badan sesuai dengantinggi rendah nada


D.
Materi Pembelajaran (muatan pelajaran)

1.       PJOK

·         Melakukan gerakan lari dasar lurusdan variasinya

2.       Bahasa Indonesia

·         Menyajikan isi teks ceritapetualangan tentang si biji jagung

3.       IPA

a.       Menjelaskan melalui tulisanberbentuk laporan tentangperanan sumber energi mataharidalam kehidupan melaluikegiatanpercobaan, pengamatan,analisadata dan menarik kesimpulan
b.       Melaporkan hasil pengamatantentang pengaruh energi matahari
bagi kehidupan manusia


4.       Matematika

a.       Menerapkan  ko n sep  persamaan antara  se pa sang  ekspresi menggunakan  penam bahan, pengurangan, dan perkalian
a.       Menyatakan per samaan antara sepasang kalimat matematika

5. SBdP

·         Menyanyikan dan membaca not angka lagu menanam jagung disertai gerakan anggota badan sesuai tinggi rendah nada


E.
Metode Pembelajaran

1.    Pendekatan
:
Scientific

2.    Model/strategi
:
Cooperative Learning

3.    Metode
:
Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi , Ceramah dan Praktek


F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.       Media: buku tematik kelas IV tema 2

2. Alat:Kertas Koran, tisu, sapu tangan.

3. Sumber bahan : Buku Tematik  Terpadu Kurikulum 2013 halaman   12  sampai 18 .
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu

Pendahuluan
1.       Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
2.       Salah satu siswa memimpin siswayang lain  berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan Pembelajaran)
3.       Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
4.       Berkomunikasi dengan siswa tentang kegiatan berenang.
5.       Menginformasikan Sub  Tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang  macam-macam Sumber Energi

10   menit

Kegiatan Inti
1.       Mengawali pembelajaran PJOK, siswa diajak untuk berdoa serta mempersiapkandiri dengan melakukan pemanasan.
2.       Siswa diajak melakukan gerak dasar lari dengan beberapa variasi seperti gambar: Gerak lurus, Gerak, zig-zag, Gerak berbelok-belok
3.       Siswa melakukan lomba lari rintangan dengan mempraktikkan gerak dasar lari danvariasinya. Perlengkapan yang dapat digunakan seperti kardus, bilah kayu, dan banbekas.
4.       Siswa mengakhiri kegiatan olahraga dengan saling bersalam-salaman untukmenunjukkan sikap sportif
5.       Komunikasikan siswa bahwa mereka akan melakukankegiatan untuk membuktikan pengaruh panasmatahari dalam kehidupan
6.       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok kecildengan anggota paling banyak lima orang, setiapkelompok akan melakukan dua jenis percobaanbersama-sama.
7.       Siswa melakukan percobaan sesuai instruksi.
8.       Siswa menuliskan paling sedikit lima kesimpulan dari hasil pengamatan
9.       Siswa menyajikan/menuliskan kegiatan percobaan mereka dalam bentuk laporan.
10.   Komunikasikan pada siswa tentang cara mengisi laporan, sebagai berikut: (berikancontoh yang lain)
11.   Siswa membaca teks tentang Ali Si Biji Energi.
12.   Siswa menulis manfaat energi panas matahari bagi makhluk hidup dalam bentukpeta pikiran.
13.   Bahan bacaaan tentang manfaat energi matahari.
14.   Siswa menyelesaikan latihansepasang kalimat Matematika berdasarkancontoh yang telah diberikan. (Penilaian no. 2)
15.   Siswa menyanyikan lagu “Menanam Jagung”dengan gerak tangan dan badan sesuaidengan tinggi rendah nada notasi yang benar.(Penilaian no. 3)
16.   Siswa membaca not angka lagu Menanam Jagung.
17.   Siswa menulis manfaat energi panas mataharidan akibatnya apabila energi itu tidak ada.(Penilaian no. 1)

     190  menit

Kegiatan Penutup
1.   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari secara individu.
2.   Guru bersama siswa melakukan refleksi
3.   Menjelaskan materi yang akandilaksanakan pada pertemuan berikutnya.
4.   Memberikan tugas dirumah untuk menjawab evaluasi tertulis.
5.   Siswa mewakili memimpin doa penutup.

    15   menit
H.
Penilaian

1.       Teknik penilaian:
a.   Penilaian Sikap: Pengetahuan
b.   Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
c.   Penilaian Keterampilan: Penilaian Unjuk Kerja

1.Rubrik unjuk kerja IPA.

Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Perlu Berlatih lagi
Kelengkapan
dua data
tabel hasil
percobaan


Data terisi
lengkap dan
sesuai dengan
hasil percobaan
(4)
Data tidak terisi
lengkap tetapi
sesuai hasil
percobaan
(3)

Data terisi lengkap
tetapi tidak sesuai
hasil percobaan
(2)
Data tidak terisi
sama sekali
(1)
Kesimpulan
Menuliskan
paling sedikit 4
kesimpulan yang
benar berdasarkan
hasil pecobaan
(4)
Menuliskan
paling sedikit 3
kesimpulan yang
benar berdasarkan
hasil percobaan
(3)

Menuliskan
paling sedikit 2
kesimpulan yang
benar berdasarkan
hasil percobaan
(2)

Menuliskan
hanya 1
kesimpulan
yang benar
berdasarkan
hasil percobaan
(1)
Sikap belajar
Menunjukkan
sikap tertib,
mengikuti
instruksi dan mengerjakan
setiap
tahapan dengan
benar.
(4)
Menunjukkan sikap
tertib, mengikuti
instruksi,
tetapi kurang
tepat dalam
mengerjakan
beberapa tahapan
(3)
Menunjukkan sikap
tertib, mengikuti
instruksi, tetapi
tahapan percobaan
tidak benar
(2)

Tidak tertib dan
tidak mengikuti
instruksi.
(1)

Catatan : Centang () pada bagian yang memenuhi kriteria.
.
Penilaian :  x 10=  x 10= 10

No
Nama
Siswa
Unjuk kerja IPA
Rt
Deskripsi

Kelengkapan
dua data
tabel hasil
percobaan

kesimpulan
Sikap belajar





4
3
2
1
Rt
4
3
2
1
Rt
4
3
2
1
Rt



1



















2



















3



















4



















5



















6



















7



















8



















9



















10



















11



















12



















13



















14



















15



















16



















17



















18



















19



















20



















21



















22



















23



















24



















25



















26



















27



















28


















29


















30













































2. Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka.

3. Daftar periksa SBdP..

Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah Belum
Sudah Belum
Suara jelas terdengar


Berani dan percaya diri



Mampu bernyanyi tanpa membaca teks



Mampu bernyanyi sesuai dengan tinggi rendah nada





4. Daftar periksa Bahasa Indonesia.
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah Belum
Sudah Belum
Aku sudah dapat menuliskan manfaat matahari dari teks yang ada.


Aku sudah dapat menuliskan manfaat matahari dari kehidupansehari-hari.




5. Daftar periksa PJOK.
Kriteria Penilaian
Keterangan
Sudah Belum
Sudah Belum
Lari/jalan ke depan


Lari/jalan ke belakang


Lari angkat paha


Lari/jalan silang ke samping


Lari langkah kuda


Lari/jalan membawa benda


Lari/jalan lintasan berkelok



6. Penilaian sikap (rasa ingin tahu, tekun, teliti

Lembar Pengamatan:
No
Nama
Siswa
Penilaian Sikap
Rt
Deskripsi

Rasa ingin tahu
tekun
Teliti





4
3
2
1
Rt
4
3
2
1
Rt
4
3
2
1
Rt



1



















2



















3



















4



















5



















6



















7



















8



















9



















10



















11



















12



















13



















14



















15



















16



















17



















18



















19



















20



















21



















22



















23



















24



















25



















26



















27



















28


















29


















30





















































Mengetahui                                                                                                          Yogyakarta,            2014
                Kepala  Sekolah                                                                                                  Guru Kelas IV




Septi Suciati, S. Pd. SD                                                                                      Ari  Yulianti, S.Pd
                NIP.19600914 197912 2 009                                                                           NIPTT. 2188
















LAMPIRAN
Matahari memiliki peran yang besar dalam kehidupan, karena merupakan sumberenergi terbesar di bumi.Panas matahari berpengaruh terhadap aktivitas manusia dibumi termasuk saat kita melakukan aktivitas olahraga.
Hari ini kamu akan mempraktikkan kombinasi gerak dasar lari dan jalan denganteknik yang benar. Berdoalah dahulu sebelum melakukan kegiatan ini. Ikuti instruksigurumu!

Beni ingin membuktikanpanas matahari sebagai sumber energi yang penting bagikelangsungan mahluk hidup. Ayo kita bantu Beni untuk membuktikannya!

Lakukan percobaan ini di luar kelas!
1. Basahi 2 helai sapu tangan, 2 lembar tisu, 2 lembar kertas
2. Jemurlah sehelai sapu tangan, selembar tisu, dan selembar kertas di
tempat panas dan sisanya letakkan di tempat teduh.
3. Amati dan tuliskan perubahan yang terjadi pada benda-benda tersebut
setelah 15 menit, 30 menit, dan 60 menit!
                               




Sambil menunggu saat pengamatan, kamu bisa membaca kisah Ali Si Biji Energi di
halaman 14.
Tabel Pengamatan:
15 menit
30 menit
60 menit
Tisu



Kertas



Sapu Tangan




15 menit
30 menit
60 menit
Tisu




Kertas
Sapu



Tangan





• Apakah ada perbedaan antara benda-benda yang dijemur di bawah sinar
matahari dan yang diletakkan di tempat teduh?
• Diskusikan dengan temanmu, apakah penyebab perubahan dan perbedaan
tersebut!
                               


Kisah Ali Si Biji Energi
Aku Ali Si Biji Energi. Aku menanam biji-biji energi di sebuah ladang
yang luas di peternakanku. Saat matahari bersinar ada energi pada
cahaya matahari. Cahaya matahari membantu biji-bijiku tumbuh menjadi
tanaman-tanaman yang tinggi. Tanaman-tanamanku menyimpan energi
itu di dalam akar, batang, daun, dan butiran biji yang baru .
Dengan segera, aku akan tumbuh tinggi dengan daun-daun yang lebar dan biji-biji
yang baru. Kamu bisa memasak dan memakan aku supaya kamu memiliki energi. Energi
itu akan membantumu tumbuh, bergerak, dan berfikir.
Aku juga memberi makan hewan-hewan ternak dengan beberapa bagian dari tubuhku
sehigga mereka tumbuh besar dan sehat.(sumber: dengan terjemahan dari : http://www.eia.gov/kids)
Sekarang bantulah Beni untuk mencari sebanyak-banyaknya manfaat energi panas
matahari bagi makhluk hidup dalam bentuk peta pikiran di bawah ini! Sertakan

gambar agar lebih menarik.
                                                                                                                                               






Dari tabel pengamatan hasil percobaan, tuliskan paling sedikit empat kesimpulanmengenai pengaruh panas matahari pada percobaan kamu.
1.       ____________________________________________________________________________
2.       ____________________________________________________________________________
3.       ____________________________________________________________________________
4.       ___________________________________________________________________________




Nah, sekarang cobalah untuk mengolah data ke dalam bentuk Laporan KegiatanPercobaan di bawah ini!
Laporan Kegiatan Percobaan
Nama Percobaan :

Tujuan Percobaan :

Alat-alat yang dibutuhkan:

Langkah Kerja :


Kesimpulan
                                   











Salah satu manfaat matahari adalah untuk mengeringkan pakaian. Pada waktu yangsama Lani dan Beni menjemur baju. Lani menjemur 4 celana dan 4 pasang kaos kaki.
Sementara, Beni menjemur 5 pasang kaos kaki dan 2 celana. Apakah jumlah bendayang Lani dan Beni jemur sama?

Buatlah kalimat matematika yang menunjukkan jumlah benda-benda tersebut!
Dari soal di atas, kita bisa menulis kalimat matematika berikut:
4 + 4 x 2 = 5 x 2 + 2, terdiri dari dua kalimat matematika, yaitu:
4 + 4 x 2 dan 5 x 2 + 2
4 + 8 = 12 dan 10 + 2 = 12
Jadi,     4 + 4 x 2 = 5 x 2 + 2
Tentukan apakah kalimat matematika dalam tabel berikut menunjukkan persamaan?
Tulis B bila benar dan S bila salah pada kolom yang tersedia. Kemudian jelaskan
alasannya.
No
k Kalimat matematika
B/S
Alasan
1
3 x 1 + 2 = 2 x 1 + 3


2
8 x 4 – 5 = 8 + 4 x 5


3
5 x 7 - 5 = 10 + 5 x 4


4
10 – 2 x 3 = 3 x 10 - 2


5
6 + 4 x 3 = 8 x 5 – 10



Tidak ada komentar:

Posting Komentar